MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN

MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Surat lamaran pekerjaan biasa ditulis seseorang ditujukan kepada suatu instansi atau perusahaan. Dalam surat lamaran tersebut, seorang pelamar menawarkan keahlian, kemampuan, atau jasa agar diterima menjadi karyawan atau pegawai di instansi atau perusahaan tersebut.

 Unsur-Unsur Surat Lamaran Pekerjaan
Hal-hal pokok yang terdapat dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut.
a. Identitas pelamar, yang meliputi: nama, alamat, usia, tempat dan tanggal lahir, pendidikan.
b. Jenis pekerjaan yang diminta.
c. Apabila telah mempunyai pengalaman, dicantumkan pengalaman kerja.
d. Data pendukung yang dimiliki, misalnya: Ijazah, daftar riwayat hidup, sertifikat keahlian, dll.
e. Sumber lamaran, baik dari iklan maupun pengumuman.

 Isi Surat Lamaran
1. Pembukaan
Sebutkan di mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut. Contohnya, Anda bisa menyebutkan bahwa Anda mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan lowongan kerja di Internet, atau dari seorang teman Anda.

2. Pekerjaan Anda sekarang
Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda jika Anda sudah atau sedang bekerja di tempat lain . Anda juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama Anda dalam pekerjaan tersebut. Yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini adalah tuliskan hanya hal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Jika pekerjaan yang Anda lamar adalah di bidang marketing research, Anda mungkin tidak perlu menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.

3. Pendidikan
Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Jika Anda pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya Anda menuliskannya di surat lamaran.

4. Posisi atau pekerjaan yang dikehendaki atau dilamar
Sebuah perusahaan atau instansi terkadang membuka lowongan pekerjaan dalam berbagai posisi. Oleh karena itu, penyebutan posisi yang Anda lamar harus jelas. Ketidakjelasan atau bahkan tidak mencantumkan posisi yang Anda inginkan dapat mebuat lamaran Anda sia-sia.

5. Penutup
Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa Anda mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jangan lupa ucapkan “Terima kasih”.

 Format Surat Lamaran Pekerjaan
1. Tanggal surat (biasanya terletak di pojok kanan atas surat)
2. Identitas surat (Lampiran dan perihal)
3. Alamat yang dituju (penerima surat)
4. Tubuh surat, terdiri atas 1) salam pembuka, 2) isi, dan 3) penutup.
Pada bagian isi jangan sampai lupa sebutkan Identitas pelamar, yang meliputi: nama, alamat, usia, tempat dan tanggal lahir, pendidikan. Posisi yang dilamar serta berkas-berkas persyaratan yang dilampirkan juga harus dituliskan pada bagian ini.
5. Salam penutup
6. Pengirim (tanda tangan dan nama terang)

 Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan
Umumnya perusahaan cukup memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian penting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik.
a. Menulis nama dengan benar
Jika Anda mengirimkan lamaran pada banyak perusahaan, pastikan Anda menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda. Kesalahan penulisan nama ini bisa dianggap Anda tidak serius dalam melamar, atau mencerminkan Anda ugal-ugalan sifatnya.

b. Bahasa singkat dan padat
Surat lamaran jangan bertele-tele. Tuliskan surat lamaran perkerjaan Anda dengan singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah. Gunakan kata-kata yang biasa digunakan dan resmi. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca Anda dengan menggunakan kata-kata yang sulit.
Jangan menulis surat lamaran Anda lebih dari satu halaman. Perusahaan biasanya menerima ratusan surat lamaran jika mereka memasang iklan lowongan kerja. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif, bisa-bisa langsung masuk keranjang sampah.

c. Rapi dan Bersih
Gunakan program komputer untuk menuliskan surat lamaran Anda. Dengan begitu Anda dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah dibaca. Menulis surat lamaran dengan tulisan tangan, hanya perlu jika menjadi persyaratan saja, dan saat ini hampir dikatakan tidak ada perusahaan mensyaratkan hal ini. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran Anda.

contoh surat lamaran pekerjaan:
diambil dari :pozmo.com
contoh surat lamaran 1
Yogyakarta, Desember 2011

Hal : Lamaran Pekerjaan

Yth. Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Permata Indah Berlian
Jl. Seruling Senja No 45 Pasar Rebo
Jakarta Timur.

Dengan hormat,
Bpk. Steven Karet, seorang asisten editor di PT. Permata Indah Berlian, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga di Departement Marketing PT. Permata Indah Berlian. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Permata Indah Berlian tersebut.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :
Nama : ......................................
Tempat & tgl. lahir : ......................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ......................................

Saat ini saya bekerja di PT. Emas Murni Sejati, sebagai staf Advertising dan Online Marketing, dengan fokus utama pekerjaan di bidang promosi serta brand imaging.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.
Demikian permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih..
Hormat saya,

…………….


Contoh surat lamaran 2
Hal : Lamaran Pekerjaan Kebumen, Desember 2011

Yth. Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gunung Sebelah
Jl. Merpati Putih No 104
Jakarta Pusat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Gunung Sebelah yang termuat di harian Republika tanggal 20 Oktober 2011. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gunung Sebelah.
Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama : ......................................
Tempat, tgl. lahir : ........................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ......................................

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Fotokopi Ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Fotokopi sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian yang diberikan saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

…………………

semoga berhasil dan sukses.....
saefu zaman




Ditulis Oleh : Saefu Zaman Hari: 01.03 Kategori:

0 comments: