Artikel Jurnalistik

Artikel adalah bentuk karangan yang berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial dengan maksud untuk menjelaskan siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana dan mengapa fenomena alam atau sosial tersebut terjadi. Suatu artikel kadang-kadang menawarkan suatu alternatif bagi pemecahan suatu masalah.
Isi sebuah media, sekurang-kurangnya terdiri atas dua hal pokok. Pertama Fakta dan kedua Opini. Fakta disajikan dalam bentuk berita (meskipun ada banyak media massa yang beritanya ditulis dengan unsur subjecktivitas tinggi), sedangkan opini diwujudkan dalam bentuk karikatur, tajuk, surat pembaca, kolom, surat pembaca dan artikel. Biasanya, surat pembaca dan artikel memang ditulis oleh penulis luar dalam hal ini adalah pembaca dan masyarakat luas. Rubrik ini ditujukan sebagai sarana membangun komunikasi dua arah antara redaksi dengan pembacanya.
Seseorang yang ingin menulis artikel di media massa harus paham bahwa media yang ia tuju adalah media yang dibaca oleh banyak orang. Artinya secara teoritis pembacanya adalah orang-orang yang beragam baik dari sisi usia, pekerjaan, sosial ekonomi, jenis kelamin dan tingkat pendidikan. Impilikasinya, ia harus bisa membuat artikel yang bisa mudah dimengerti oleh semua kalangan pembaca, termasuk di dalamnya efek sosial politis yang mungkin timbul dari tulisannya tersebut.
Meskipun pada umumnya ditujukan untuk kalangan umum, setiap media memiliki kekhususan tertentu. Dalam bahasa bisnis disebut sebagai segmen pasar. Ada penerbitan yang isi artikel ditujukan hanya untuk konsumen bisnis seperti majalah ekonomi dan swasembada. Khusus dibidang komputer seperti CHIP, Elektro indonesia, Komputek. Majalah keluarga seperti Femina dan Bunda. Majalah keisalaman seperti Sabili, Tarbawi, Elfata, Hidayatullah dsb. Media massa umum seperti Jawa Pos, KOMPAS, Suara pembaruan, Republika, Suara Karya, Surabaya Post dan sejenisnya tetap memiliki segmen yang berbeda. Semua tergantung kebijakan redaksi masing-masing.
Oleh karena itu, mengenali karakteristik media yang dituju menjadi sesuatu hal yang sangat mutlak bagi penulis artikel. Seorang penulis artikel harus memahami "selera" dan "Misi" setiap penerbitan masing-masing. Menulis artikel di Jawa Pos memerlukan pendekatan yang berbeda ketika kita menulis artikel di media lokal. Karena ke-2nya memiliki ciri khas masing-masing.
Aktualitas juga merupakan hal yang harus dimiliki sebuah artikel. Untuk bisa mengetahui aktualitas berita, penulis artikel dituntut untuk sering membaca. Aktualitas artikel bisa diperoleh dengan mengamati fenomena-fenomena yang saat ini sedang terjadi.
1.      Lugas: tulisan langsung menuju persoalan
2.      Logis: segala keterangan yang dipaparkan harus memiliki dasar dan alasan yang masuk akal dan dapat diuji kebenarannya
3.      Tuntas: masalah atau tema yang dipilih dipaparkan secara mendalam
4.      Obyektif: keterangan yang disajikan sesuai dengan data dan fakta yang ada
5.      Cermat: berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun
6.      Jelas dan padat: keterangan mudah dipahami Tidak melibatkan emosi yang berlebihan Menggunakan bahasa baku dan memperhatikan tanda baca

Jenis dan Ragam Penulisan Artikel
Berdasarkan isi yang terdapat dalam artikel, artikel dapat kita kelompokan dalam 5 jenis sebagai berikut:
  1. Artikel populer adalah jenis artikel yang diminati oleh siapa saja. menarik perhatian pembaca dan mudah dimengerti. misalnya artikel seksuologi, perilaku, pengembangan diri, penemuan, tokoh-tokoh, sains dan lain-lain.
  2. Artikel how to adalah jenis artikel yang isinya diminati orang untuk menambah keterampilan dan kemampuan diri. Penulisan ini sering menunjukan solusi suatu masalah lengkap dengan langkah-langkah pemecahannya. misalnya: Bagaimana membuat pizza, bagaimana melatih anjing, bagaimana menaklukkan suami agar tidak main curang, dll.
  3. Artikel politik adalah artikel yang menyoroti tentang masalah-masalah pemerintahan atau kenegaraan seperti: kepemimpinan nasional, partai politik, keamanan negara, budaya multikultur, rasa nasionalisme, pendidikan dan sebagainya.
  4. Artikel olahraga adalah artikel yang berisi komentar dan analisis tentang suatu pertandingan seperti: sepakbola, bulutangkis,  basket, karate, taekwondo dan lain sebagainya.
  5. Artikel kebudayaan adalah artikel yang membahas budaya suatu bangsa seperti: karya seni, perilaku suku daerah, bahasa, proses penciptaan, makanan, musik, tarian, teater, wisata, lukisan dan sebagainya.
1.Kuasai Topik Artikel yang Anda akan tulis
2. Buat Judul Yang Menarik Perhatian Orang Untuk Membacanya.
3. Buat Garis Besar Tulisan.
4. Buat Tulisan yang  Langsung pada Point.
5. Hindari “me oriented”, dan ganti dengan “you oriented”
6. Buat sebuah kesimpulan di akhir artikel Anda.
7. Cantumkan sumber tulisan.




Ditulis Oleh : Saefu Zaman Hari: 23.43 Kategori:

1 comments:

Reni Novita mengatakan...

WOOWWW...!!!
MUNGKIN TAMBAH LENGKAP KLAW DI KASIH CONTOH.
THANKS!